Minggu, 30 Oktober 2016

Smartphone Modular,Trend Smartphone Masa Depan ?

Konsep Modular Project Ara
Smartphone dengan konsep modular nampaknya  diprediksi kedepanya akan menjadi trend,konsep smartphone modular sendiri dari beberapa tahun yang lalu sudah mulai di dengungkan oleh google dengan Project Ara yang perilisanya terus mundur dari jadwal yang sampai saat ini belum jelas kelanjutannya.

Konsep modular adalah perangkat yang komponenya dapat di bongkar pasang sendiri ( upgrade komponen hardware semisal upgrade RAM atau kamera ) layaknya sebuah PC.

Saat ini sudah ada beberapa vendor ponsel yang mulai memperkenalkan smartphone dengan konsep modular besutannya,berikut 3 smartphone modular dengan fitur modul kamera inovatif yang sudah tersedia di pasaran.

1.Moto Z
Motorola Z +Moto-Mods
Diperkenalkan pertama kali pada ajang IFA di berlin,september 2016,ada 3 tipe yaitu Moto Z,Moto Z Play dan Moto Z Force( hanya di jual di AS).yang menarik smartphone ini di lengkapi modul aksesoris yang bisa di bongkar pasang yakni Moto-Mods yang terdiri dari 4 modul, yakni Hasellblad true zoom,Insta-share projector(proyektor),JBL sound boost speaker(spaker external tambahan) dan Power rack batteries(batterai tambahan),di antar 4 modul yang paling menarik adalah Hasellblad true Zoom yakni modul kamera dengan sensor 13MP dengan 10x optical zoom (f/3.5-6.5) yang disertai lampu falsh xenon.fiturnya tak kalah menarik dengan kemampuan menghasilkan gambar mentah (RAW) dan fitur backup otomatis karena setiap jepretan akan di kirim langsung ke layanan Hasellblad jadi kamu tidak perlu kuatir ruang penyimpanan di ponsel akan penuh, mempunyai desain yang ergonomis mirip seperti desain kamera saku.

Untuk ketiga spesifikasi ke tiga seri sartphone tersebut Moto Z menggunakan Snapdragon 820, RAM 4GB, layar QUAD HD AMOLED 5,5 inci, dan kamera utama 13 MP.
Sementara Moto Z Play mengusung Snapdragon 625, RAM 3GB, layar Super AMOLED 5,5 inci, dan kamera utama 16 MP.
Sementara Moto Z Force ditopang Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, RAM 4GB, layar AMOLED 5,5 inci, dan kamera 21MP.

2.LG G5
LG G5
Di perkenalkan pada ajang MWC pada awal tahun 2016 di Barcelona,dengan body aluminium yang mengusung konsep magic slot yang memungkinkan baterai mudah di bongkar.

Salah satu modul yang bisa disematkan pada LG G5 adalah LG CAM Plus. Aksesoris tambahan ini menawarkan kemampuan memotret yang ditingkatkan melalui grip lebih nyaman, mirip kamera digital.
LG CAM Plus membenamkan tombol
power, shutter, perekaman, zoom, dan indikator LED. Ditambah kontrol fokus dan penguncian eksposur, fitur yang biasa ditemui pada kamera konvensional.

Soal spesifikasi, smartphone dengan layar 5,3 inci ini sudah dibekali dengan
chipset anyar Qualcomm, Snapdragon 820 dan didukung RAM 4GB.

Tak hanya itu, LG G5 juga dipersenjatai dua kamera belakang dengan resolusi dan fungsi berbeda, yakni 16MP dan 8MP. Sementara untuk kamera depan, LG G5 berukuran 8MP.

3. Fairphone 2
Fairphone 2
Namanya memang masih terdengar kurang familiar,sebenarnya smartphone ini sudah memulai debutnya lebih awal pada tahun 2013 dan smartpone modular terbarunya adalah FairPhone 2.
Suadh dilengkapi kamera berkekuatan 8MP dan 2 MP untuk kamera depan.
Untuk modul yang di tawarkan adalah modul kamera 8MP dengan dengan sensor OmniVision dan pengaturan Manual Exposur option,dan untuk kedepanya fairphome  akan menyediakan modul yang lebih canggih supaya bisa bersaing dengan smartphone terbaru,seperti modul casing dengan panel surya teritergrasi untuk pengisian daya baterai yang ramah lingkungan.
Beralih ke Spesifikasi Fairphone 2 di bekali Layar 5 inch dengan resolusi 1080 pixel dan kerapatan 446 ppi untuk dapur pacu menggunakan prosesor  Quaf Core Qualcomm Snapdragon 801 dengan kecepatan 2.26 Ghz,2 GB RAM dan internal storage 32 GB.

Oleh 

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us :